PKKMB di Kampus Politeknik Katolik Mangunwijaya

Hai guys!!!!
Balik lagi ni sama aku Sitaaaaa 
Oke, di postingan kali ini aku mau membahas tentang PKKMB. Bagi kalian yang sudah kuliah pasti tidak asing bukan dengan singkatan tersebut? Jadi, PKKMB itu singkatan dari Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru, yang dulu sering disebut Ospek atau Orientasi Mahasiswa. Nah, kegiatan ini wajib diikuti bagi calon mahasiswa baru. Di kampus ku yaitu Politeknik Katolik Mangunwijaya mengadakan acara tersebut selama 4 hari.

Hari pertama itu satu angkatan dari 3 prodi yaitu farmasi, teknik kimia, dan analis kesehatan berkumpul di satu kampus, di kampus prodi farmasi untuk mendapatkan pengarahan mengenai kegiatan yang dilakukan dan tentunya ada perkenalan dari kakak panitia yang menyelenggarakan acara tersebut. Di hari pertama ini kita latihan nyanyi juga dong buat acara di hari kedua yaitu Mars PMW dan Hymne PMW, biar menunjukkan sikap kecintaan dengan kampus lah pastiya hihihi. Ini nih, ga ada hujan ga ada angin, tiba-tiba kakanya bilang "setelah ini, kalian foto sama kakaknya ya ditulis namanya sama minta tanda tangannya ya, yang jadi sie acara misal". Sontak, aku bingung cuma 2 orang yang aku hafal, itupun setelah perkenalan:). Oke udah clear guys akhirnya. Tapi ada satu kejadian yang kalo aku inget tu sedikit memalukan. Jadi, aku kan enggak tau nama kakaknya, aku tanya sama orang yang dibelakangku. Aku kira dia seangkatan, dengan santainya aku tanya "Eh, itu nama kakaknya siapa?" dan you know guys who is he? Ternyata yang aku tanya itu kakak tingkatnya malahan yang jadi ketua himafar saat itu. Oke, aku malu sendiri kalo inget hehehe. Oh ya, selain itu kita ditugasin buat bikin yel-yel satu angkatan, biar terlihat antar prodi tu bisa bersatu gitu lo guys dan nambah temen juga ga cuma dari yang sama dari satu prodi tapi dari prodi lain juga. 

Hari kedua. Hari dimana kita disuruh mengenakan pakaian hitam putih serta sepatunya juga hitam dong, tapi jujur deh PKKMB di kampus ini ya ga seribet kampus lain. Malahan bisa dibilang berkesan. Di hari kedua itu kita ada di kampus prodi ankes aka analis kesehatan. Kita masuk nih ke ruang Teater Theresiana, and you know what can i say, guys?? Gila bagus banget ruangannya, seperti suasana bioskop dong, aku terkagum-kagum lihatnya dan itu dibagi jadi 2 lantai guys. Tapi, seangkatan itu ada di lantai yang bawah. Nah, disitu kita diperkenalkan dari dosen-dosen yang mengampu di tiap prodi. Biar tau dong dosen-dosennya siapa aja hehehe. Setelah perkenalan, kita diberi kajian tentang kampus ini. Oke saat yang ditunggu pun tiba. Coba tebak apa? Iya, istirahat. Tau sendiri kan kalo yang ditunggu-tunggu semua calon maba itu waktu istirahat, dimana kita bisa makan sambil bincang-bincang dengan yang lain buat ngehilangin kejenuhan selama ada di dalam ruangan. Nah, kita juga dapat kotak nasi guys, sumpah ini tu aku ga nyangka, mana makanannya enak pula. Serasa menghadiri acara seminar hehehe. Oke dilanjut, ada sisa waktu sebelum kita masuk ke acara selanjutnya. Kita latihan nyanyi yel-yel guys. Sedikit amburegul tapi bagus kok, singkat, padat, dan jelas. Hingga tibalah di penghujung acara, yaitu pembagian kelompok untuk tiap prodi guys. Ya emang awalnya enggak tau ni siapa woi yang satu kelompok sama aku. Gitu kan pastinya. Namanya juga PKKMB jadi ya emang gitu biar bisa kenalan sama teman yang lain. Acara selesai, kita kumpul ni sama kelompoknya masing-masing, tentunya ada pembagian tugas dong tiap anak biar adil hehehe. 

Tibalah saatnya hari ketiga, yaitu PKKMB tiap prodi sesuai kelompoknya masing-masing. Nah, berhubung aku anak farmasi, jadi kampusnya ya yang di prodi farmasi. Dimulai dari acara pengarahan dan perkenalan dari kakak-kakak Himafar aka Himpunan Mahasiswa Farmasi. Nah flashback di hari pertama yang aku tanya ternyata sama kakak tingkat itu, aku baru sadar setelah perkenalan anggota himafar itu. Seketika aku menundukkan kepala... oke lanjut ya. Jadi, acaranya itu disuruh bawa makanan sama minuman. Nah dari makanan yang dibawa itu disuruh jadiin menara, gimana pun caranya pokoknya harus bisa. Well, punya kelompokku itu, gatau deh jadinya apa, tapi seru. Nah, mana yang bawa ke atas itu aku ya guys, aku takut kalo jatuh, soalnya anginnya waktu itu kenceng. Tapi untunglah aman terkendali. 

Yeay! Hari terakhir pun tiba juga. Acara dimulai dari jam 10 sampai malam. Wah kira-kira ngapain aja yaa... Oke jadi kita disuruh baris berbaris gitu, habis itu berhitung dan terbentuklah sebuah kelompok. Ada beberapa games sebelum masuk ke inti gamesnya. Ada games yang mana kita dikasi uang sebesar 150 ribu (kalo ga salah inget). Nah, itu dibuat kita dari kampus farmasi ke kampus tekkim sama ke kampus ankes terus balik lagi ke kampus farmasi. Terserah rutenya mau dimulai darimana, nah uangnya bisa dibuat grab lah dan lain sebagainya. Fasilitatorku menyarankan buat kita ke kampus tekkim dulu. Kita kesananya jalan kaki. Serius ga bohong. Capek iya, tapi seru kalo diinget. Wow, ga terduga guys, kelompokku itu jadi kelompok pertama dong yang sampai duluan. Oke lanjut ada gamesnya, terus kita ga mau nunggu lama buat ke kampus ankes. Akhirnya kita pesan 2 grabcar. Nah, sesampainya disana. Kita langsung masuk ke halaman kampus, disitu udah ada kakaknya yang jadi panitia gamesnya. Oke disinilah kepemimpinan dari ketua grup diuji. Aku salut sama ketua ku, dia bernama Sendy dari prodi ankes. Makasih Sendy atas arahannya hehehe. Bisa sabar gitu dia, dan bergerak cepat. Selesai nih gamesnya, kita lanjut ke kampus awal, yaitu kampus prodi farmasi. Kita pesan grabcar. Perlu diingat, dan ini jangan dicontoh hahaha, kita pesan grabcar cuma satu guys. Dimana kita itu ada 10 orang, bisa dibayangin sempit sekali pastinya. Aku sama temenku Fadlika duduk di depan berdua, pangku-pangkuan pula. Astaga memalukan, demi menghemat pengeluaran guys biar bisa makan sesampainya di kampus. Akhirnya, sampai nih di kampus, kita jadi yang pertama lagi dong. 
Foto ini diambil setelah sampai di kampus farmasi
Senangnya bukan main. Kita kira dapat hadiah, ternyata enggak huhuhuh sedikit kecewa tapi ya sudah mau bagaimana lagi. Kita nungguin satu kelompok lagi biar bisa main gamesnya. Selang 15 menit, kelompok selanjutnya baru muncul. Duel lah kelompokku dengan kelompok yang baru datang itu. Hasil dari gamesnya, kami kalah. Tapi gapapa, ga menurunkan semangat kita dong. Nah, gatau kenapa akhirnya aku jadi dekat sama teman sekelompokku tentunya fasilitatornya enak dong, siapa lagi kalo bukan Kak Giska dari prodi tekkim. Oke, malam pun tiba. Ini nih, yang bikin tegang. Ada sebuah cerita, pembawaannya itu meyakinkan banget lho. Aku sempet percaya pula. Hadeuh... Jadi gini, kita sekelompok itu, pokoknya disuruh ngikutin rute dari kakaknya, dan ga boleh ada yang sampe lepas pegangan tangan sama teman sekelompok. Jujur aja ni, aku ga ada perasaan takut waktu itu, soalnya aku mikir yakali ini beneran. Tapi waktu sampai di lorong, itu kan disuruh memejamkan mata ya, aku merasa kakiku berat banget guys gatau kenapa. Nah dari situ aku mulai takut. Tapi waktu disuruh duduk aku udah biasa aja. Ini nih, kejadian yang menyebalkan tapi membuat tertawa juga. Kejadiannya gini, kakaknya itu keliling ke tiap calon maba, dan si calon maba disuruh meletakkan kedua tangan sesuai arahan kakaknya. Well, aku ngikut kakaknya dong, gatau itu halus tapi hangat dan sedikit kasar, seperti beras tapi juga bukan. Eh, disuruh ngusapin ke muka. Ya, aku ngikut aja. Waktu dinyalain lampunya dan disuruh buka mata, tau ga apa yang terjadi? Semua mukanya pada hitam hahahah aku ketawa begitu juga sama teman sebelahku. Malu si sebenernya. Langsung aku hapus dong biar bersih. Astaga ada-ada aja kakaknya tuh. Habis itu foto bersama. Terus sebelum acara ditutup ada pembagian hadiah. Selesai. Pulang deh. Acara selesai pukul 21.30 WIB. 
Wah, berkesan loh PKKMB nya, menurut aku ini seru banget kawan. Enggak garing, ga bikin pusing kepala, makanya aku bilang beda dari kampus lainnya. Kakaknya baik-baik pula. Mantap bukan. Nikmat mana lagi yang akan didustakan hehew.
Kawan, capek yang dirasa bisa hilang dengan canda tawa bersama. 
Sekian postingan mengenai kegiatan PKKMB di kampus ku.Terimakasih sudah membaca postinganku ini. Jangan lupa untuk setia dengan blog ku ini ya kawan. 
Tunggu postinganku selanjutnya yaaa.
Semoga bermanfaat buat kalian yang membaca postingan ini. Jaga kesehatan juga ya:)




Komentar