Mata, perlu dijaga ?

Hai kawan..

Gimana kabarnya? Baik atau tidak baik? Aku berharap, semoga kalian baik-baik saja ya

    Kali ini, aku mau ngebahas tentang salah satu dari lima panca indera yang kita punya, yaitu mata. Dari judulnya kira-kira kenapa sih kok mata perlu dijaga? 

Dalam artian bukan dijaga dari pandangan lawan jenis ya hihihi. Lebih tepatnya tentang cara menjaga kesehatan mata secara umum. Kalian pasti sering kan baca buku sambil tiduran, nonton film/drama korea di depan layar laptop atau handphone sampai matanya terasa kering, dan sering asal ngucek mata. Kalian sadar ga sih? Ketiga hal tersebut bisa membahayakan mata dan yang mungkin awalnya baik-baik saja, bisa menyebabkan penyakit yang lebih serius. Penyakit mata, seperti rabun jauh (miopi) atau yang sering disebut minus. Kalo udah kena minus pasti sedih bukan? Matanya harus pakai kacamata atau softlense biar bisa liat dengan jelas. Tentunya hal tersebut ga nyaman. 

Nah, aku ada beberapa tips nih biar kalian bisa menjaga kesehatan mata dengan baik, yaitu:

1.    Perhatikan jarak membaca buku

Usahakan membaca buku pada jarak yang ideal. Jarak ideal yang dimaksud yaitu membaca buku pada jarak 30 cm dari buku ke mata. Hal ini untuk mencegah penyakit mata seperti miopi atau rabun jauh.

2.   Jangan sambil tiduran

Usahakan tidak membaca buku atau teks apapun dalam kondisi sambil tiduran. Ini juga dapat membuat kesehatan mata terganggu seperti dapat terkena miopi.

3.   Pencahayaan yang cukup

Jangan menggunakan penerangan terlalu redup ketika belajar atau membaca apapun itu. karena penerangan yang kurang dapat menganggu kesehatan mata.

4.   Istirahatkan mata

Usahakan mengistirahatkan mata, ketika sudah terlalu lama di depan layar komputer atau laptop saat mengerjakan tugas atau aktivitas apapun di komputer atau laptop. Ini juga sangat penting untuk menjaga kesehatan mata anda.

5.   Jangan kucek mata

Usahakan tidak mengucek mata, ketika tangan dalam keadaan kotor atau habis memegang sesuatu benda. Karena tangan yang kotor dapat menginfeksi organ mata yang akan berakibat sangat buruk untuk kesehatan mata anda.

6.   Kedipkan mata

Usahakan mengedipkan mata dengan intensitas agak ditambah, pada saat fokus melihat sesuatu terlalu lama seperti komputer ataupun laptop.

7.   Makanan untuk mata

Usahakan memakan makanan yang sangat baik untuk kesehatan mata. Dalam hal ini, wortel merupakan jenis makanan yang paling baik untuk kesehatan mata, karena banyak mengandung vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata.

(sc: lamongankab.go.id)

         Jadi, kurang lebih itu ya caranya. Buat temen-temen yang udah pakai kacamata, aku saranin beberapa hal, yang pertama, jangan terlalu lama pakai lensa kontak lebih dari 19 jam. Kedua, kalian bisa kompres mata dengan buah mentimun yang udah diiris. Lalu, masukkan ke kulkas dulu biar dingin. Kemudian, baru dikompres ke mata. Ketiga, gunakan kacamata yang terpolarisasi. Maksudnya, gunakan yang bisa melindungi mata dari sinar UV matahari. Selebihnya juga sama seperti yang aku sebutin tujuh itu ya. O ya, jangan lupa bua dicek ke dokter ya kalau ada sakit mata gitu biar dapat penanganan yang lebih baik. 

         Kesimpulannya, menjaga kesehatan itu sangat penting ya kawan. Kalau udah kena satu penyakit mata itu duhhh nyesel banget deh pokoknya dan ga nyaman juga harus dibantu pakai kacamata. Jangan lupa ya, ikutin tips dari Sita. Semoga postingan kali ini bisa bermanfaat buat kalian... 

Terimakasih sudah membaca postingan ini. 

Inget, jaga kesehatan mata itu juga penting yaaa 

See you…
 

 

 

Komentar